Pages

iklan

Minggu, 07 Oktober 2012

Nirmana

Nirmana Dwimatra (2 dimensi) 

Pengertian nirmana Dwimatra atau seringkali di sebut nirmana dua dimensi biasanya dibuat di atas media canvas atau kertas.
nirmana dwimatra masuk dalam tutorial desain grafis.
Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis.
Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa.


Di dalam Nirmana, seseorang akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan seni rupa dan desain pada level dasar seperti mempelajari garis, bidang, bentuk dan gempal ( dimensi dan tebal ). Pada nirmana dwi matra biasa kita akan mempelajari bagaimana nirmana dibentuk sesuai dengan tata rupa yang pastinya mempunyai kaidah dan prinsip seni rupa.

Untuk mendapatkan nirmana dwi matra biasanya dimulai dari pembuatan objek dasar seperti persegi, lingkaran, segitiga, segi lima, segi enam dan bentuk dasar lainnya. Bentuk dasar tersebut kemudian ditata dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah pola. Pola dan bentuk dari nirmana dwimatra biasanya disusun dengan cara memutar objek dua dimensi ( rotate ), memiringkan objek ( skew ), menduplikasi objek ( duplicate ), merubah ukuran ( transform ), membalik objek dwimatra ( mirror ), dan atau langkah kombinasi dari kesemuanya.

Elemen Niramana Dalam Konsep Desain.

Eleman-elemen seni rupa dapat dikelompokan menjadi 4 bagian berdasarkan bntuknya.

1. Titik, titik adalah suatu bentuk kecil yang mempunyai dimensi. raut yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah.






2. Garis, garis adalah suatu goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang rangkaian masa dan warna.







3. Bidang, bidang adalah suatu bentuk pipih tanpa ketabalan, mempunyai dimensi panjang, lebar dan luas, mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis.






4. Gempal, gempal (dimensi dan tebal) adalah bentuk bidangg yang mempunyai dimensi keterbatasandan kedalaman.

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll